Berita dan Informasi

Konten Pembelajaran Jarak Jauh Penting Disiapkan untuk Generasi Milenial

posted by Admin   | 2019-08-30 22:09:15


Perkembangan era digital mendorong pembelajaran tak tersekat lagi ruang kelas. Mahasiswa bisa mendapatkan fasilitas Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Untuk meningatkan kualitas konten dalam PJJ, Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada tanggal 23-24 Agustus 2019.

Bimtek PJJ ini diikuti oleh 100 orang dosen muda dari 35 program studi. Mereka antusias mengikuti pematerian dan berdiskusi. Salah satunya pematerian dari  Prof. Dr. Anak Agung Istri Agung Ngurah Marhaeni, M.A. Ia menyebutkan, setelah memasuki era melinial pembelajaran tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu, bahkan mahasiswa bisa melakukan shopping mata kuliah, misal mata kuliah MKDU.

“Dosen tidak terbatas hanya mengajar mahasiswa yang ada di fakultas tersebut, namun dapat mengajar juga pada fakultas lain, karena mahasiswa dapat mengambil mata kuliah lintas fakultas. Bahkan, mahasiswa juga dapat mengikuti atau mengambil mata kuliah yang ada di perguruan tinggi lain dan dilakukan alih kredit,” jelasnya.

PJJ sendiri sesuai dengan peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 51 Tahun 2018 Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan izin Perguruan Tinggi Swasta. Pada Bab VII pasal 39 ayat (1) Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) dapat diselenggarakan dalam bentuk: 1) Mata kuliah, 2) Program studi, 3) Perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini, Kepala Subdirektorat Pembelajaran Khusus, Dr. Uwes Anis Chaeruman, juga menyampaikan learning setting bisa dilakukan dengan tiga cara: 1. Face to face, 2. Synchronous learning, 3. Asyinchronus learning, yang diilustrasikan dengan gambar berikut ini:

Uwes pun berharap, dengan terus dilakukannya bimbingan teknis pengembangan konten ini, diharapkan konten mata kuliah yang disusun dapat memenuhi standar pembelajaran daring.


Sumber : https://belmawa.ristekdikti.go.id/2019/08/30/konten-pembelajaran-jarak-jauh-penting-disiapkan-untuk-generasi-milenial/